BAKSO KOK DI BAKAR ENAK YA GOSONG-GOSONG GITU LOH



Digoyang Bakso Bakar
Foto: Anton

Jika Anda terbiasa menikmati bakso dengan kuahnya. Saatnya melirik variasi lain dari bakso Malang, yaitu bakso bakar. Bulatan daging ini ditata seperti sate, lalu dioles bumbu dan kecap.
Aroma gurih dari bakaran dijamin membuat Anda tak sabar untuk segera menikmatinya. Di Festival Jajanan Bango di Surabaya, tanggal 5 Mei lalu, sebuah stand bakso bakar terlihat ramai dipadati pengunjung.
Stand bernama Bakwan Bromo Bakar, ini membuat penasaran, sehingga mereka rela berdesak-desakan untuk antri membeli. Sebuah alat pemanggang terlihat di depan etalasenya, harum aroma sate bakso ini, benar-benar menggoda. “Saya penasaran, gimana sih rasanya bakso kalau dibakar,” kata Ria

Satu tusuknya terdiri dari tiga buah bakso, atau dua bakso dengan satu potong siomay. Para pembeli juga harus sabar, sebab memanggangnya relatif lama, dioles bumbu berulang kali, sambil dibolak- balik. “Harus sering dibalik, kalau tidak mau cepat gosong,” jelas pria yang memanggang. Api yang digunakan juga tidak terlalu besar. Ketika warnanya berubah kecokelatan, bakso ini siap disantap.
Olesan kecap yang diracik bersama bumbu ini, membuat citarasa bakso menjadi lebih spesial. Seorang pengunjung yang sedang menikmati berkomentar, jika bakso bakar ini sangat lezat. “Ada gosong-gosongnya, bikin rasanya mantap,” ujarnya.

Bakso yang selesai ini dibakar, bisa dinikmati bersama kuah, atau dimakan langsung. “Enak, soalnya sudah berbumbu,” kata seorang pembeli. Bakso bakar lain yang juga tampil di acara festival ini, milik Agus Prasetyo. Ia menuturkan, bakso bakarnya diadopsi dari Bakso Bakar Malang. “Saya belajar langsung dari Malang,” jelasnya. Warung yang buka tahun 2005 ini, tidak mengkhususkan diri bakso bakar, sebab tersedia pula bakso ikan, tahu goreng dan siomay.




Note : Kenikmatan bakso bakar, sebenarnya dari bumbu pencelupnya, bumbu berwarna hitam pekat ini, mengandalkan kecap bercitarasa prima, gula merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Bumbu ini lalu berpadu dengan bulatan daging sapi yang dibakar. Ah… kalau sudah begini, siapa yang bisa kuat menahan godaan bakso bakar.

Related Posts:

0 Response to "BAKSO KOK DI BAKAR ENAK YA GOSONG-GOSONG GITU LOH"

Posting Komentar